Fri. Nov 22nd, 2019

PT. CATUR AGRO SEJAHTERA

Developer & Agen Properti, Agro Bisnis

KEUNGGULAN KOPI ROBUSTA YANG HARUS DIKETAHUI

By : Caturagrosejahtera.

Aku menunggu kita ada di satu meja, ditemani kopi dengan aroma yang berbeda, membicarakan mimpi, bercengkrama tentang rencana. Bisa kita mulai dengan cincin yang mungkin sudah waktunya ada di jari kita, agar cinta tak berhenti sebagai wacana.”

– Sajak Malam, Gilang Pratama, Aditya.-

Setelah postingan sebelumnya membahas manfaat buah lemon, kali ini kita akan bahas keunggulan kopi robusta. Apa sih keunggulannya daripada kopi-kopi lain? Sebelumnya siapa yang gak tau kopi? Minuman dari biji-bijian berwarna hitam dan memiliki cita rasa pahit namun nikmat ini menjadi salah satu daya tarik kaum laki-laki. Hampir semua laki-laki pasti menyukai kopi, seolah menjadi minuman wajib ditemani pisang goreng dikala hujan melanda. Wahhhh nikmat banget pasti.

 

Kopi robusta ini memang sangat unik dan juga sangat pas dikonsumsi di segala kondisi. Menyeruput minuman kopi dari jenis robusta menambah kenikmatan tersendiri bagi penikmatnya. Lalu, apa saja sih keunggulan dari kopi robusta?

 

Lahan Penanaman

Robusta berasal dari kata ‘robust’ yang memiliki arti kuat. Hal ini dibuktikan dari tanaman yang memiliki postur cukup kekar dengan tingkat kekenyalan yang cukup kuat. Kopi robusta merupakan salah satu dari jenis turunan spesies Coffea Canephora. Jenis yang tumbuh di daerah dataran rendah yang berada pada ketingian 400-800 meter dpl. Suhu optimal dari pertumbuhan tanaman kopi robusta yaitu sekitar 24-30 derajat celcius dengan curah hujan 2000-3000 mm per tahun. Untuk melihat perubahan tanaman kopi ini biasanya akan terlihat pada usia 2,5 tahun dengan kecocokan daerah tropis serta budidaya penanaman yang cukup intensif. Agar proses pembuahan biji berlangsung dengan sempurna maka dibutuhkan waktu kering sekitar 3-4 bulan dalam setahun dengan beberapa kali intensitas hujan turun yang cukup untuk membuat pertumbuhan normal.

 

Rasa Yang Unik

Menurut beberapa barista, jenis kopi robusta ini merupakan jenis kopi yang merajai Indonesia karena memang import kopi jenis ini sangat banyak ditemukan baik didalam Indonesia. Tidak hanya itu saja, jenis kopi yang satu ini memang memiliki citarasa yang lebih kuat daripada jenis kopi yang lainnya. Hal ini dibuktikan dari tingkat rasanya yang berbeda-beda. Dari barista salah satu café ternama di Seattaje AS ini menyatakan bahwa kopi robusta sendiri memiliki rasa yang berbeda tergantung tempat asalnya. Untuk robusta arab dan juga afrika lebih kuat akan rasanya yang sangat fruity atau penuh dengan aroma buah-buahan. Hal ini berbeda dengan kopi robusta dari Indonesia yang mana lebih harus dan rasanya lebih berasa dengan aroma tanah yang baru saja tersiram air hujan. Tidak hanya itu saja, karena banyak rempah di Indonesia juga membuat kopi robusta memiliki rasa seperti jamu.

kopi robusta

Perbedaan Robusta dengan Arabica

Banyak orang membandingkan antara kopi robusta dan arabica. Kedua jenis ini sama-sama popular dikalangan para penikmat kopi. Perbedaan ini terlihat dari sisi rasa, kandungan kafein, harga serta keadaan lingkungan produksi. Untuk penjelasaannya bisa dilihat berikut ini:

  • Rasa

Dari segi rasa, kopi robusta memiliki rasa yang jauh lebih kuat daripada arabica. Rasa ini seperti kacang-kacangan atau gandum. Hal ini dikarenakan kualitas robusta dan arabica yang berebeda. Biasanya itu tergantung dari asal daerah tempat ditanamnya kopi robusta tersebut.

  • Kafein

Dari segi kafein, kopi robusta memiliki kandungan yang lebih tinggi dari kopi arabica. Sehingga memengaruhi terhadap rasa yang dimilikinya. Rasa kopi robusta lebih pahit daripada kopi arabica. Karena memiliki kandungan kafein 2 kali lebih banyak dari arabica.

  • Harga

Setelah rasa dan kafeinnya jelas berbeda, robusta juga termasuk kopi dengan harga yang lebih murah daripada arabica. Namun dibalik harganya yang murah ternyata kopi robusta bisa sangat mudah untuk dikombinasikan menjadi racikan minuman kopi yang lebih nikmat.

  • Keadaan lingkungan produksi

Hal lain yang berbeda adalah keadaan lingkungan produksinya. Kopi robusta jauh lebih mudah dalam proses penanamannya hal ini memberikan keunggulan tersendiri. Jenis ini ditanam pada ketinggian sekitar 200-800 meter dpl dan tidak mudah terserang hama. Daya tahan kopi robusta sangat baik karena memiliki kandungan kafein yang tinggi sebagai toksin hama.

Dari kesimpulan diatas bisa disimpulkan bahwa tanaman kopi robusta lebih unggul daripada arabica. Jadi, tunggu apalagi untuk bisa menjadi pemilik kebun kopi robusta? Yuk, miliki kebun sendiri dengan harga terjangkau sekaligus menikmati hasil kebun sendiri!.

Source:lintaskopi.com

Miliki Kavling Kebun Durian Musang King PROMO 250 m2 HANYA 49.5 Juta di Pesona Bukit Madani Puncak Dua
Info Lebih Lanjut di :

catur agro sejahtera
catur agro sejahtera